Cara Meningkatkan Kreativitas Bagi Mahasiswa

cara-berpikir-kreatif

Kreativitas merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Setiap orang termasuk mahasiswa pasti punya keinginan atau hasrat untuk menjadi seseorang yang kreatif. Tetapi, cara berpikir kreatif tidak bisa dirumuskan dalam satu kalimat saja. Menjadi kreatif tentu tidak bisa diajarkan atau dipaksakan.

Ketika berusaha untuk menjalankan cara berpikir kreatif yang umum terjadi, seringkali orang mendefinisikannya sebagai thinking out of the box. Lalu apa sih artinya? Paling tidak kita bisa memahami bahwa kreatif adalah cara berpikir atau bertindak yang lain dari yang umum (mainstream).

Sebagai mahasiswa, berpikir kreatif sangatlah penting untuk kelancaran studi selama masa perkuliahan. Dalam menghadapi permasalahan ataupun tantangan baru, kreativitas bisa memberikan solusi inovatif . Berikut ini cara berpikir kreatif yang bisa kita jalani:

Memiliki Perspektif yang Berbeda

Ingatlah bahwa untuk mencari solusi yang inovatif, kita harus sanggup melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda. Tanpa perspektif lain, pemikiran kita hanya akan berkutat hanya di satu tempat saja. Jadi, sangat penting untuk kamu mengembangkan pikiran dengan diskusi dan pemahaman atas perspektif lain yang berbeda dari perspektif pada umumnya.

Rajin Membaca

Kreativitas tidak datang dari pemikiran yang itu-itu saja atau rutinitas sehari-hari yang menjemukan. Terkadang, kebiasaan membaca justru memberikan pengetahuan yang lebih luas.

Mulailah dengan membaca buku atau sumber pengetahuan apa saja yang bisa memperkaya imajinasi atau wawasan kamu. Ini adalah salah satu cara berpikir kreatif yang paling efektif.

Mengerjakan Hal Baru

Sama seperti poin sebelumnya, rutinitas sehari-hari juga seringkali menjadi masalah bagi kreativitas kita. Cobalah mengerjakan hobi atau hal-hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Siapa sangka kita akan mendapatkan inspirasi baru yang bisa menghasilkan pemikiran kreatif dan justru membuat kamu menciptakan sesuatu yang baru dengan berinovasi.

Terus Berinovasi

Baik dalam pekerjaan maupun dalam kegiatan kamu sehari-hari, cobalah untuk selalu mencoba menghasilkan inovasi baru. Jika kamu seorang mahasiswa, cobalah untuk terus menggali potensi kamu dalam banyak hal. Bisa jadi, kamu mempunyai potensi lebih di hal-hal lain di luar urusan kampus atau di luar program studi yang kamu jalani lho!

Nah Pintarian, setelah membahas beberapa cara berpikir kreatif di atas, apakah kamu mempunyai cara berpikir kreatif lainnya yang belum kamu salurkan?

Dengan mencoba mencari caranya saja, sebetulnya kamu sudah mulai menerapkan praktik berkreasi lho.. Yuk dilanjutkan ke langkah berikutnya!

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.