6 Cara Ampuh Menghilangkan Ngantuk Saat Puasa

cara-menghilangkan-ngantuk

Sebelum mencoba menghilangkan rasa ngantuk, di bulan puasa ini cobalah pahami apa penyebabnya. Ingatlah bahwa tubuh kamu akan mengalami perubahan siklus tidur karena kamu perlu bangun pagi subuh untuk makan sahur. Secara rata-rata, jam tidur kamu berkurang 40 menit.

Karena pengurangan rata-rata durasi inilah akhirnya kesempatan kamu untuk tidur pulas menjadi berkurang juga. Efeknya, keesokan harinya kamu akan mengantuk. Sebab lain, tentu saja karena tidak ada asupan gizi yang kamu makan di siang hari sementara tenaga yang dikeluarkan harus sama seperti biasa.

Oleh karena itulah mengapa saat berpuasa terkadang badan terasa lemas, mengantuk, dan nggak konsen belajar dan bekerja. Menurunnya kadar glukosa darah yang bikin otak kita susah konsentrasi juga kerap terjadi lho!

Lalu bagaimana ya kiat menghilangkan rasa ngantuk saat berpuasa? Yuk cermati beberapa tips berikut ini:

Hindari Bengong

Konsentrasi yang sangat berkurang membuat kita dengan mudah bisa bengong dan diam tanpa melakukan aktivitas apapun. Nah, bengong ini lah yang kemudian bikin kita mudah mengantuk. Isilah siang hari kamu dengan melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Bisa belajar atau bekerja yang jelas lakukanlah hal-hal yang memotivasi otak untuk terus berpikir.

Tidur Siang

Pada dasarnya, penurunan konsentrasi disebabkan oleh kurangnya daya tahan tubuh terhadap aktivitas yang memerlukan energi. Cobalah untuk rutin melakukan tidur siang maksimal 15 menit setiap hari.

Tidur siang singkat bisa mengembalikan sistem tubuh dan menghilangkan rasa ngantuk yang berat di siang hari. Tapi kamu harus ingat bahwa ruang durasi tidurnya cuma 15 menit ya! Kalau berlebihan, itu malah justru bikin rusak irama kerja dan aktivitas harian kamu.

Cuci Muka

Masih ingatkah kalian apa yang disuruh oleh guru kelas kita dulu ketika kita mengantuk di kelas? Yak benar sekali, kita disuruh mencuci muka. Walaupun tidak terbukti secara saintifik, mencuci muka bisa juga lho memberikan rasa segar walaupun sedikit dan tidak terlalu tahan lama.

Mencuci muka dan mengusap air di sekitar mata bisa membuat kita kembali fokus untuk mengerjakan tugas-tugas harian yang melelahkan. Tapi, di bulan puasa ini, jangan sampai air cuci muka keminum yah Pintarian!

Olahraga Ringan

Berhenti sejenak saja tidak cukup. Kamu perlu berolahraga ringan. Untuk kamu yang beraktivitas di kantor, sediakanlah waktu beberapa menit untuk berolahraga ringan. Olahraga ringan seperti apa sih? Cobalah misalnya, gerak fisik sederhana yang cukup untuk melancarkan kembali peredaran darah.

Apa saja ya? Nah, pengalaman dari salah satu teman kita sih rupanya bisa lho berolahraga sederhana dengan berjalan naik-turun tangga kantor. Gak perlu sampai keringetan banget sih, tapi cukup membuat seluruh tubuh kamu bergerak.

Ganti Pemandangan

Salah satu hal yang bisa membangkitkan kembali konsentrasi, fokus dan ketelitian kamu dalam bekerja adalah dengan ganti pemandangan. Jika sehari-hari kamu berhadapan dengan komputer di meja yang sama.

Cobalah untuk mengubah suasana walau sedikit. Bawalah laptop kamu ke tempat yang bercahaya dan berudara segar. Perubahan suasana bisa memberi dampak yang tak terduga lho!

Memperbaiki Kualitas Tidur Malam

Kamu cukup memastikan di malam hari kamu tidur dengan nyenyak dan berkualitas. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mengatur jadwal tidur yang tetap.

Cobalah untuk tidur dengan kualitas yang sama baik setiap hari. Dengan begitu, irama tubuh kamu akan terbiasa dan bisa menyimpan cadangan energy untuk siang hari. ini lah cara menghilangkan ngantuk yang paling mudah.

Nah, Pintarian, apa kamu sudah siap untuk menghilangkan rasa ngantuk di bulan puasa?

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.9k Followers
Follow