Namun kalau tidak menggunakan perhitungan yang tepat, uang THR kamu bisa habis dengan sia-sia. Padahal dengan tiga cara sederhana ini, uang THR dapat menyembuhkan beberapa masalah keuangan kamu lho!

Sisihkan THR Untuk Tabungan

Cara mengatur uang THR yang pertama adalah menyisihkan uang untuk di tabung. Jangan gelap mata dan langsung menghabiskan semua uang THR untuk senang-senang dan belanja. Sisihkan sekitar 10% untuk ditabung ya, Pintarian. Lumayan kan ada udara segar baru yang masuk ke rekening masa depan kamu?

Grafik uang tabungan yang awalnya hanya disitu-situ saja jadi naik deh karena pemasukan dari uang THR. Suatu saat jika kamu memerlukan dana yang tak terduga dan cukup besar, kamu bisa menggunakan uang tabungan kamu untuk keperluan tersebut. Lebih terencana bukan?

Pisahkan Dana Untuk Hari Raya

Setelah dipisahkan untuk tabungan, yuk pisahkan lagi uang kamu untuk keperluan Hari Raya. Di saat Lebaran, pastinya kamu membutuhkan banyak dana kan untuk beragam keperluan? Seperti belanja bahan masakan, baju baru, sampai THR untuk para keponakan-keponakan. Meski begitu, tetap kendalikan pengeluaran dan jangan sampai boros ya!

Dengan cara mengatur uang THR yang tepat seperti ini, kamu akan terlatih untuk berlaku hemat dalam hal keuangan. Kamu juga bisa menekan pengeluaran untuk hal-hal yang dirasa penting saja.

Gunakan Untuk Bayar Hutang

Tidak ada salahnya menggunakan uang THR untuk menutupi hutang yang belum lunas. Walaupun tidak bisa menutupi 100%, minimal sedikit hutang kamu tertutupi dengan dana THR ini. Hutang yang ditumpuk terlalu lama hanya akan membuat keuangan kamu semakin berantakan lho. Jadi selagi ada dana tambahan, yuk tambal hutang kamu sediit demi sedikit.

Setelah memisahkan dana THR untuk ketiga hal di atas, kamu baru bisa menggunakan sisa uang untuk dana entertainment diri sendiri. Memanjakan diri itu penting kok, tapi sebelumnya harus ingat untuk membayar beberapa kewajiban dalam keuangan terlebih dahulu. Cara mengatur uang THR seperti ini akan meringankan beban kamu terhadap hutang dimasa depan.

Selamat mengatur keuangan ya, Pintarian!