Cara Ampuh Mengatur Gaji Bulanan Biar Gak Boros

cara-mengatur-keuangan

Semua orang wajib mengelola keuangannya agar cukup untuk bertahan hidup. Akan lebih baik lagi jika menyisahkan yang bisa disisihkan untuk menabung dan dipergunakan sebagai pengeluaran tak terduga. Masalahnya, banyak dari kita yang cenderung gagal dalam manajemen keuangan dan  kesulitan mengendalikan pengeluaran.

Kamu harus bisa mengetahui dengan benar cara mengatur keuangan secara tepat, agar bisa memanage pengeluaran masuk dan keluar keuangan kamu.

Hal tersebut bisa terjadi karena dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor eksternal adalah pengeluaran yang tak bisa dihindari karena terjadi di luar kendali kita. Misalnya, alasan kesehatan, bencana alam, kriminalitas.

Sementara itu, faktor internal adalah faktor yang sebetulnya bisa kita kendalikan cukup dengan menahan diri. Misalnya belanja barang berlebihan, gaya hidup yang boros, dan tidak ada kebiasaan menabung.

Susun Anggaran Keuangan

Cara mengatur keuangan yang pertama adalah menyusun semua anggaran keuangan. Semua kegiatan kita akan terkait dengan pengeluaran baik secara langsung maupun tidak langsung. Itulah sebabnya kita perlu “mengawal” pengeluaran dengan membuat anggaran terlebih dahulu.

Dengan melakukan perencanaan itu, kita akan melihat bagian-bagian tertentu yang bisa dikurangi ataupun disesuaikan. Tanpa anggaran yang jelas, kita kesulitan mengukur boros atau hematnya gaya hidup kita dalam satu periode tertentu.

Pantau dan Evaluasi Keuangan

Setelah menyusun anggaran dengan rapi dan detail, kita perlu juga untuk melakukan pengamatan atas segala aktivitas keuangan pribadi apakah sesuai atau sudah di luar anggaran yang sejak awal disusun. Tentu saja ketika ada bagian tertentu yang terasa kurang pas, kita perlu memperbaikinya. Itulah gunanya evaluasi secara terus-menerus.

Menabung

Cara mengatur keuangan selanjutnya adalah menabung. Mudah diucapkan, namun sering tidak dilakukan, hal ini seringkali terjadi hampir pada semua orang. Itulah menabung. Kebiasaan menabung seringkali diperlukan karena dengan tabungan, hari tua kita telah dipersiapkan.

Ada banyak cara untuk menabung. Selain menyimpan uang di rumah, kita juga bisa menyimpang uang di bank dengan membuka rekening tabungan yang hanya digunakan untuk menabung dan bukan untuk transaksi harian.

Kebiasaan menabung ini memang sangat baik untuk ditanamkan pada anak sedini mungkin agar menjadi sebuah gaya hidup menabung.

Melakukan Investasi

Jika kita sulit menabung, mungkin dengan melakukan investasi yang cerdas, kita bisa menabung bahkan menyimpan uang dengan lebih baik dan produktif. Cara mengatur keuangan di zaman seperti ini saat ini cukup diminati. Akan tetapi, melakukan investasi dalam bentuk manapun akan selalu mengandung risiko.

Untuk meminimalisir risiko itu, kita harus mempelajari banyak hal terlebih dahulu. Yang paling utama sekali adalah jenis investasi apa yang ingin kita kerjakan. Jika kita kurang persiapan dalam melakukan investasi, bisa jadi kita justru merancang kegagalan kita sendiri dalam investasi.

Yuk Pintarian, kita biasakan untuk menabung walau sedikit. Sebab kata pepatah, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.9k Followers
Follow