Cara Mengatur Keuangan Jika Kamu Kuliah Sambil Bekerja

cara-mengatur-keuangan-pribadi

Cara Mengatur keuangan pribadi merupakan tantangan yang harus dilalui oleh setiap orang. Apalagi kalau kamu berkuliah sambil bekerja. Mau atau tidak, gaji kamu harus cukup untuk membiayai semua keperluan bulanan mulai dari kuliah, kebutuhan hidup, transportasi dan kebutuhan tak terduga lainnya.

Jika kamu merasa pengeluaran kamu berat atau tidak cukup? Berarti ada yang salah dengan cara kamu mengelola keuangan! Yuk pahami tipsnya agar hidup kamu baik-baik saja dalam menjalani kehidupan sebagai mahasiswa pekerja.

Buat Pembagian Gaji yang Ideal

Cara mengatur keuangan pribadi yang pertama adalah membagi gaji bulanan secara ideal. Saat terima gaji, bagikan gaji kamu ke beberapa amplop terpisah. Berikan keterangan sesuai pengeluaran, misalnya amplop untuk biaya kuliah, uang makan, untuk jajan weekend, atau bahkan untuk beli baju dan kebutuhan lainnya. Dengan melakukan pembagian ini, kamu bisa memilah mana pengeluaran yang harus dikendalikan atau tidak.

Karena kamu termasuk mahasiswa yang harus berhemat, kamu harus mengatur gaji bulanan biar gak boros setiap bulannya agar biaya kuliah kamu bisa tercover dan biaya kehidupan sehari-hari pun seimbang. Pembagian tabungan perlu dilakukan jika kamu orang yang tidak menahan hasrat konsumtif nih.

Hemat dari Belanja yang Nggak Penting!

Tahan-tahan deh sama nafsu duniawi yang fana. Inget kalau kamu beli barang yang sebenernya gak penting-penting banget seharga Rp 300.000, taruhannya adalah kamu harus menghemat jatah makan selama 2 minggu. Pilih yang mana?

Jika kamu termasuk orang yang gila belanja, kamu perlu waspada nih. Terlebih belanja online yang menawarkan beragam kemudahan dan potongan harga yang cukup menggiurkan lho. Kamu harus memilah-milah mana kebutuhan yang mendesak dan mana yang tidak. Banyak-banyak puasa belanja online ya atau bisa  merusak cara mengatur keuangan pribadi kamu lho!

Cari Pemasukan Tambahan

Kalau ngerasa pemasukan masih kurang juga dan nafsu untuk hura-hura nggak tertahankan, itu tandanya kamu butuh pemasukan tambahan! Cobalah cari-cari project yang bersifat freelance, lumayan kan untuk nambah pengalaman dan pemasukan juga. Cara mengatur keuangan pribadi seperti ini cukup ampuh untuk menambal pengeluaran yang tak terduga lho!

Jika kamu cermat dalam melihat peluang usaha, kamu pastinya bisa me-manage pengeluaran dan jeli untuk membuat ide yang tak biasa untuk di jadikan ladang penghasilan tambahan. Kalau kamu yakin, kamu bisa dengan mencoba meminjam uang untuk membuka usaha, asal kamu konsisten menjalankannya. Why not?

(Baca juga: Tips memulai bisnis online)

Pilih Program Kuliah Online Agar Hemat Pengeluaran

Cara terakhir ini adalah solusi agar kamu bisa kuliah sambil menghemat pengeluaran. Kuliah metode blended learning di Pintaria.com bisa jadi solusi. Karena kamu nggak harus setiap hari pergi ke kampus karena metode pengajaran bersifat blended learning (menggabungkan antara kuliah tatap muka dan daring) sehingga menghemat uang transportasi kamu. Menarik untuk dicoba kan?

Kuncinya adalah, kendalikan diri kamu dari hal-hal yang nggak penting dan hanya bersifat kesenangan sesaat. Selalu ingat pepatah lama, kalau hemat adalah pangkal kaya!

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.