Ini Dia Tips Biar Gak Malas Belajar

cara-mengatasi-malas

Pernahkah kamu merasa malas dalam beraktivitas? Atau kehilangan mood baik dalam mengerjakan kewajiban kamu sehari-hari? Yang paling merugikan kita bukanlah malas bekerja, akan tetapi rasa malas untuk belajar. Itulah pentingnya cara mengatasi malas.

Rasa malas belajar bukanlah satu masalah baru bagi para pelajar dan mahasiswa. Meskipun kamu telah mencari solusi untuk mengatasi rasa malas belajar tetapi solusi yang diterapkan terasa tidak pernah memberikan manfaat yang besar untuk kehidupan kamu. Rasa malas itu sudah begitu kuat di dalam diri kamu. Nah ini sangat merugikan lho untuk kehidupan di masa depan.

Kita sering mendengar nasihat, kalau ingin menjadi orang sukses haruslah memiliki sikap disiplin yang tinggi. Disiplin berarti tidak lagi memiliki sifat malas dalam diri kita. Apakah itu malas belajar, malas membaca, malas berolahraga dan lain-lain. Ketika rasa malas sudah diberi ruang, kita akan diperdaya oleh rasa malas itu sendiri.

Berikut ini tiga tips cara mengatasi malas belajar yang sering hinggap dalam diri kita.

Posisi Belajar

Ketika kamu belajar atau memulai kegiatan tertentu, posisi sangat menentukan proses dan hasilnya. Meskipun terasa kurang masuk akal, tetapi posisi belajar ini akan sangat mempengaruhi kau dalam mood (emosi) belajar lho! Misalnya, bila kamu belajar sambil tidur-tiduran maka lambat laun anda pasti akan tertidur. Akan sangat sulit untuk menahan diri untuk tidak tidur.

Mulai sekarang, belajarlah di atas meja belajar dengan pencahayaan yang cukup supaya kamu dapat menjaga konsentrasi dan mood dalam belajar. Posisi belajar merupakan faktor penting dalam cara mengatasi malas.

Membuat Prioritas Belajar

Biasanya, mulailah mempelajari hal-hal yang sederhana terlebih dahulu baru kemudian perlahan-lahan menuju ke materi yang dianggap lebih rumit. Dengan cara begini, kamu bisa mengatur irama dengan lebih mudah.

Selain mengusir malas, cara belajar seperti ini juga bisa membuat kegiatan belajar kamu lebih efektif lho! Bisa juga dicoba dengan belajar materi yang lebih sedikit komponennya. Ketika menemukan hal yang agak sulit dipelajari, janganlah malu untuk bertanya kepada siapa saja. Bisa teman, dosen, ataupun kakak kelas.

Belajar dengan Strategis

Strategi belajar yang tepat merupakan salah satu solusi untuk mengatasi kebiasaan malas belajar baik di sekolah, kampus, ataupun di rumah. Cara-cara strategis sangat bermanfaat karena akan memudahkan segala aspek kegiatan belajar.

Untuk menghapal misalnya, akan sangat sulit bila hanya menggunakan metode yang biasa diajarkan di sekolah kita dulu. Tetapi bila menggunakan metode yang berbeda yang menggunakan kemampuan alami yang anda miliki maka akan sangat mudah bagi anda menghapal 20 kata-kata yang tidak beraturan dan acak.

Setelah memahai tiga cara mengatasi malas ini, yuk mulai belajar dengan lebih rajin untuk membangun karier dan masa depan yang lebih baik!

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.9k Followers
Follow