Tentukan Passion, Untuk Masa Depan Kariermu!

Cara Menemukan Passion

Gimana sih cara menemukan passion kita yang sesungguhnya? Jika kamu tertarik dengan satu bidang tertentu atau satu ilmu yang ingin dicari tahu dan dipelajari lebih dalam, bisa jadi itulah passion kamu yang sebenarnya lho!

Kata orang, salah satu hal yang bisa dimanfaatkan untuk menggali passion kita adalah dengan melacak apa yang membuat kita merasa iri. Jika kamu iri dengan prestasi orang lain, bisa jadi kamu sebenarnya menyimpan rasa keinginan yang besar untuk meraih hal yang sama atau bahkan lebih baik lho! Coba deh ingat-ingat apakah kamu pernah iri?

Selain iri, mungkin kamu punya tokoh favorit yang kamu idolakan sejak lama. Bisa jadi, kalau idola kamu penyanyi, mungkin kamu malah sebenarnya mempunyai passion di bidang tarik suara. Lain lagi kalau kamu punya idola seorang pengacara handal, bisa jadi justru passion kamu ada di bidang hukum.

Namun jangan menjadikan hal ini untuk ikut-ikutan dalam mencari passion kamu yang sesungguhnya ya. Jadikan lah sebagai motivasi bagi kamu untuk tau cara menemukan passion yang tepat dan bisa kamu asah lebih dalam lagi.

Bagaimana Caranya Mengetahui Passion Pada Diri Sendiri?

Beberapa orang justru menemukan passion mereka ketika mendapatkan sejumlah uang. Kenapa bisa begitu ya?

Contohnya, ketika kamu mendapatkan gaji bulanan di tempat bekerja, coba kamu cermati, uang yang kamu dapatkan habis dipakai untuk membeli apa saja? Jika kamu banyak menyisihkan untuk membeli buku-buku atau majalah olahraga, mungkin passion kamu ada pada di bidang olahraga. Atau ketika kamu habiskan untuk makanan, bisa jadi justru kamu punya passion di bidang kuliner lho!

Cara menemukan passion seperti ini cukup berhasil bagi sebagian orang. Bahkan beberapa dari mereka telah menjadikan passion nya sebagai pekerjaan yang mereka geluti. Seperti menjadi selebgram, youtuber hingga photographer.

Beberapa hal-hal Ini mungkin bisa membuat kamu mengetahui passion yang kamu minati;

Memahami diri sendiri, apa yang kamu inginkan?

Sebelum menentukan passion, kamu harus tahu dan mengerti tentang diri kamu sendiri. Apa yang kamu inginkan dan apa yang ingin kamu lakukan. Kamu perlu memahami diri kamu sendiri, kemampuan apa yang kamu miliki dan sejauh apa kemampuanmu terhadap bidang tertentu.

Jika kamu sudah mengerti dan tahu kamu sudah ada di level mana, kamu bisa mengembangkan kemampuan dan talentamu dan terus menggalinya hingga kamu mampu menghadapi segala tantangan dan risiko yang akan kamu hadapi nantinya.

Menyibukkan diri pada aktivitas tertentu

Dengan menyibukkan diri kamu pada aktivitas tertentu, kamu bisa mengetahui apa yang ingin kamu lakukan. Cara menemukan passion seperti sering dilakukan banyak orang, misalnya mengikuti kegiatan sosial dan komunitas tertentu hingga aktif dalam mendalami kegiatan hobi seperti membaca, membuat program, mendesain dan melukis. Mungkin dengan cara seperti ini kamu jadi tahu passion kamu.

Buat daftar hal-hal yang membuat kamu tertarik

Pexels

Hal lain yang bisa bikin kamu sadar akan passion kamu adalah mencoba mengenang masa kecil. Pastinya ada hal-hal menarik yang sedari kecil hingga kini yang kamu suka. Coba deh kira-kira apa ya yang waktu kecil menjadi favorit kita?

Kalau kamu gemar mengoleksi komik, komik apa yang paling kamu suka? Dari sini bisa jadi kalau kamu memiliki passion untuk membuat narasi dalam komik atau bahkan ilustrator sebuah komik. Jika kamu memiliki ketertarikan dan bercita-cita menjadi dokter, mungkin kamu bisa mewujudkan cita-cita kamu untuk menjadi seorang dokter.

Bandingkan hal-hal menarik tersebut, dan pilih yang paling kamu sukai

Jika kamu sudah membuat daftar hal-hal yang membuatmu tertarik, maka buatlah perbandingan untuk bisa mengetahui hal apa yang paling kamu sukai dan membuatmu merasa tertarik serta tertantang untuk bisa mengembangkannya menjadi sebuah skill profesional untuk diri kamu. 

Jika kamu mengenali kemampuan diri kamu dengan cara menemukan passion yang seperti ini, maka kamu akan terus menikmati apa yang kamu kerjakan.

Jadikan kemampuan yang kamu miliki saat ini adalah skill yang profesional sebagai nilai plus kamu saat mencari pekerjaan dan berkarier di bidang tersebut. Galih lebih dalam lagi passion yang telah kamu pilih untuk kamu jadikan jati diri kamu yang sebenarnya.

Menggeluti lebih dalam keahlian yang kamu miliki

Jika kamu sudah memiliki keahlian tertentu, kamu bisa memperdalam keahlian kamu agar menjadi lebih mahir lagi. Misalnya kemampuan kamu dalam bahasa asing, contohnya Bahasa Korea. Kamu bisa memperdalam Bahasa Korea kamu dan bisa menjadi seorang penerjemah.

Jika memang kamu mempunyai passion di bidang bahasa, khususnya Bahasa Korea kamu bisa ambil kelas privat atau kursus Bahasa Korea. Jika kamu juga memiliki sertifikat resmi dalam kemampuan bahasa asing, maka menjadi seorang penerjemah bahasa korea bukan lagi sebagai mimpi lho..

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.