Mau Karir Berkembang? Begini Cara Memperluas Network!

Cara Memperluas Networking
Source: Pexels

Masih banyak orang yang tidak menyadari pentingnya membangun jaringan (network). Padahal memperluas jaringan ini sangat membantu dalam perkembangan karier hingga bisnis. Sebab banyak dampak positif yang bisa didapat dari jaringan profesional. Antara lain kamu bisa menambah informasi baru, bertukar ide, mendatangkan klien hingga mendapat promosi kerja.

Bukan tak mungkin kamu meraih peluang pekerjaan yang sesuai impian melalui networking. Sehingga karirmu tidak jalan di tempat saja. Sebuah survey dari Linkedin pada tahun 2016 juga mengungkapkan 85% pekerjaan terisi melalui networking.

Tentunya ada banyak cara memperluas network. Seperti datang ke suatu event, mengikuti seminar atau memanfaatkan media sosial. Berikut ini beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk memperluas jaringan profesional.

Mengikuti Event Terkait

Ikutilah berbagai networking event atau kegiatan sosial untuk membangun networking. Ini dapat berupa pertemuan khusus yang dirancang bagi orang-orang di bidang tertentu atau ada pakar berbagi topik terkini. Usahakan kamu datang ke event seperti ini, khususnya berkaitan dengan industri kerja yang kamu geluti atau minati. Kamu dapat mengetahui event dengan bergabung komunitas profesional hingga mencari info di media sosial.

Dalam event tersebut, kamu bisa berdiskusi dengan orang-orang yang beragam. Adanya tatap muka juga membuat pembentukan jaringan jadi lebih bermakna, cara memperluas network seperti ini ternyata cukup memberikan perkembangan dalam bisnis. Sehingga mampu meninggalkan kesan pada seseorang dibanding sekadar perkenalan hanya lewat email.

Pastikan kamu melakukan networking secara efektif selama berada dalam event. Termasuk mendengar secara aktif, terlibat dalam percakapan dan melemparkan pertanyaan saat diperlukan. Tidak lupa bertukar kartu nama atau kontak. Kamu dapat melakukan follow up dalam waktu 24 jam setelah event sebatas untuk memastikan koneksi barumu ingat denganmu.

Baca juga: Begini Caranya Menjalin Hubungan yang Baik dan Berbicara dengan Atasan

Bergabung dengan Komunitas

Keberadaan komunitas atau organisasi tentunya bisa membantu dalam memperluas networking. Baik yang bersifat profesional maupun tidak. Pilihan terbuka luas apakah kamu memilih sesuai bidang karir atau justru mencari sesuatu yang beda di luar pekerjaanmu. 

Cara memperluas network dengan bergabung dengan berbagai komunitas bisa menjadi pilihan yang tepat. Di sana kamu bisa mengenal banyak orang baru dengan berbagai latar belakang. Kamu bisa bertukar pengalaman, mendapat masukan, mencari peluang baru dan hal positif lainnya. Keterlibatan dalam kelompok seperti ini juga memudahkan kamu tahu berbagai event terkait.

Membuat Profil Online yang Meyakinkan

Zaman sekarang, kebanyakan orang mencari tahu latar belakang profesional hingga hobi seseorang secara online. Oleh karena itu, kamu perlu membuat profil terbaik dan tampak profesional di internet. Manfaatkan media profesional seperti Linkedin untuk menambah jaringan. Pastikan informasi yang kamu masukkan akurat, terbaru dan lengkap. 

Kamu bisa memasukkan foto, riwayat pekerjaan hingga keterampilan yang dimiliki. Sehingga orang bisa mengetahui kepribadian, kemampuan, pencapaian hingga tujuan kamu. Jika cocok, tentu koneksi yang potensial bisa menambahkan kamu dalam jaringan mereka. 

Tak ada salahnya juga kamu mengirimkan pesan lebih dulu kepada mereka. Bila dirasa mempunyai kesamaan, seperti lulusan dari universitas yang sama, sebutkan saja dalam pesan tersebut.

Disamping Linkedin, kamu pun dapat menggunakan Instagram. Buat akun dengan konten yang menggambarkan minat atau pekerjaanmu. Sehingga kamu bisa lebih mudah menunjukkan potensi yang dimiliki. Bila terkoneksi dengan network yang tepat, tentu mereka akan mempertimbangkan kamu saat memerlukan orang dengan kemampuan seperti dirimu.

Berhubungan Kembali dengan Kenalan Lama

Meski sudah berusaha, seringkali sulit bisa tetap menjaga hubungan dengan seluruh jaringan. Namun tidak ada salahnya bila kamu menyambung silaturahmi dengan kenalan lama. Tidak perlu malu melakukannya. Ketika menghubungi mereka, beri tahu alasan kamu ingin terhubung kembali dan akui kurangnya komunikasi selama ini.

Ada banyak cara memperluas network untuk menjalin hubungan lagi. Bisa dengan memberi ucapan selamat jika mereka baru mendapat pencapaian tertentu, berbagi konten yang relevan, atau bertanya kepada mereka tentang saran yang profesional terkait pekerjaan. 

Lanjutkan pembicaraan dengan menjadwalkan pertemuan kasual. Misalnya ajakan minum kopi di kafe atau makan siang bersama. Bila hubungan profesional sudah terbangun kembali, suatu saat bukan tak mungkin kamu bisa meminta bantuan mereka dalam peningkatan karir.

Baca juga: Pentingnya Skill Komunikasi yang Efektif di Lingkungan Kerja 

Komunikasi Secara Rutin dan Saling Membantu

Meski terus membangun dan memperluas networking, penting juga menjaga koneksi yang sudah terjalin. Tetaplah berkomunikasi secara rutin dengan orang-orang tersebut. Baik melakukan hal kecil seperti menanyakan kabar, berterima kasih untuk hal tertentu dan lainnya.

Buatlah setiap pesan yang bersifat personal dan fokus dalam menjaga hubungan baik. Jaringan profesional yang kuat tentunya membuat karirmu menjadi lebih baik.

 

Dalam networking, tentunya kamu tidak hanya menerima. Tapi ada hubungan give and take. Bila memungkinkan, kamu bisa menawarkan bantuan jika ada koneksimu butuh sesuatu dalam pekerjaannya. Tunjukkan keinginan untuk membentuk hubungan saling menguntungkan. 

Baca juga: Skill yang Wajib Dimiliki Calon Pemimpin

Dengan bantuan tersebut, tentu mereka tidak akan melupakannya. Tindakan kecil bisa bertahan lama. Saat kamu butuh bantuan mereka pun tak segan menolong. Termasuk menghubungkanmu dengan orang yang mungkin kamu butuhkan dalam pekerjaan.

Selain tips di atas, kuliah di Pintaria juga menjadi cara memperluas network yang bisa kamu lakukan. Dengan sistem blended learning, kamu bisa bertemu rekan baru dan profesional di bidang yang kamu minati. Tentu banyak keuntungan yang kamu dapat!

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.