Bingung Pilih Jurusan Kuliah? Ini Dia Tipsnya!

cara-memilih-jurusan

Ketika lulus dari sekolah, atau bahkan sebelumnya, kamu pasti mulai memikirkan ingin melanjutkan ke kampus mana bukan? Apakah kamu ingin mencari pekerjaan, ataukah melanjutkan kuliah. Jika ingin melanjutkan kuliah, tidak mudah lho untuk tau cara memilih jurusan kuliah yang tepat yang sesuai dengan keinginan kamu.

Belajar dari pengalaman kakak-kakak atau bahkan senior kita dulu, tidak sedikit kasus yang salah pilih jurusan kuliah. Akibatnya, selain nilai kuliah anjlok, hidup kamu sendiri juga terasa tidak menyenangkan. Nah, sebetulnya apa saja sih yang perlu dipertimbangkan dalam memilih jurusan kuliah?

Kesesuaian dengan Minat dan Bakat

Salah satu kunci utama dalam meraih prestasi adalah ketika kamu mengerjakan sesuatu berdasarkan passion dan bakat kamu, kemungkinan berhasilnya pasti akan lebih besar. Kamu akan mengerjakannya dengan semangat dan tidak menjadi beban. Cara memilih jurusan kuliah sesuai dengan minat dan bakat menjadi hal paling dasar.

Begitu juga dengan rutinitas kuliah. Kamu pasti tidak akan terbebani dengan serangkaian tugas-tugas yang menyita waktu. Namun, sebelum kamu benar-benar menentukan, ada baiknya kamu mencari tahu minat dan passion kamu yang sesungguhnya. Sehingga kamu pun melakukan semuanya jadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Menyesuaikan Kepribadian

Mungkin kamu bingung apa hubungan kepribadian dengan keberhasilan karier seseorang bukan? Sebenarnya hal ini ternyata sangat terkait lho! Misalnya kamu ingin menjadi seorang jurnalis, tentu dibutuhkan kemampuan menggali informasi dan kepribadian yang ‘kepo’ untuk mendapatkan informasi yang akurat.

Bagi orang tipikal pendiam mungkin akan sangat kesulitan dalam menjalani profesi ini. Nah kamu juga perlu memperhatikan cara memilih jurusan kuliah yang memang perlu mempertimbangkan dari segi kepribadian kan? Jangan sampai kamu melakukan sesuatu yang bertolak belakang dari kepribadian kamu dan kamu tidak menyukai hal tersebut ya..

Gali Informasi Sebanyak Mungkin

Biasanya kita pasti sudah punya kampus idaman dan berniat untuk mendaftar. Nah kalau kamu sudah punya kampus idaman, kamu juga tetap harus mencari tahu sebanyak mungkin tentang informasi kampus sekaligus jurusan yang kamu inginkan lho!

Jangan sampai terlena karena nama besar dari kampus. Bisa jadi, kamu tergiur untuk daftar hanya karena kampus tersebut adalah kampus favorit. Siapa sangka banyak kegagalan kuliah bermula dari hal-hal seperti ini. Jadi, pahami betul cara memilih jurusan kuliah yang tepat jadi kamu bisa menikmati masa kuliah kamu ya!

Biaya Kuliah?

Selain jurusan yang pas, kamu juga perlu mempertimbangkan biaya kuliah agar tidak menjadi beban ketika masa perkuliahan berjalan. Masalah ini seringkali menyebabkan mahasiswa putus kuliah di tengah jalan. Jadi, pertimbangkan dan persiapkan uang yang cukup ya! Atau kamu bisa pertimbangkan juga kuliah sambil kerja. Yang penting kamu bisa membagi waktu dengan baik. Pasti semuanya berjalan lancar.

Nah Pintarian, semoga sukses dalam menempuh pendidikan tinggi ya!

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.9k Followers
Follow