Begini Caranya Buat CV Cantik Biar Dilirik HRD

Cara membuat surat lamaran kerja

Apakah kamu mahasiswa yang baru saja lulus dan bingung cara membuat surat lamaran kerja ? Atau sedang seru-serunya job-hunting alias nyari kerjaan? Pasti kamu pernah bingung bagaimana caranya agar CV kamu menarik dan memberi kesan yang baik kan?

Nah, Pintarian, sudah menjadi rahasia umum, CV yang menarik akan memberikan kesan yang lebih positif bagi HRD ataupun calon bos kamu di kantor yang sedang dilamar.

Masalahnya, perusahaan tidak hanya menerima 1-2 CV saja lho! Mungkin saja CV kamu bertumpukkan dengan puluhan bahkan ratusan CV orang lain yang juga sedang dalam proses melamar pekerjaan di perusahaan itu.

Di tengah-tengah tumpukan CV pelamar kerja itu, ada cara-cara tertentu yang bisa kamu coba lakukan untuk membuat CV kamu menarik perhatian dan memberi kesan baik.

Berikut ini cara membuat surat lamaran kerja ala Pintaria:

Buatlah Format yang Menarik dan Profesional

Cobalah untuk membuat sesuatu yang unik secara visual. Ingatlah bahwa kesan pertama yang menarik perhatian orang adalah kesan visual. Tampilkan CV kamu dengan format semenarik mungkin, dan jangan lupa menampilkan kompetensi, pengalaman, dan gaya presentasi diri kamu sendiri.

Secara profesional, CV kamu harus bisa dipertanggung-jawabkan semaksimal mungkin dan bisa menjadi acuan dasar bagi siapa saja yang ingin mengetahui latar belakang pendidikan serta pengalaman dan mengenal kamu secara personal.

Salah Satu Prinsip Utama: Singkat dan Padat

CV bertujuan untuk memberikan ruang yang luas untuk menghargai pencapaian diri sendiri. Tampilnya pencapaian itu membuat kamu percaya diri untuk melamar di kantor. Tapi, Pintarian harus ingat bahwa di era digital ini, janganlah menyusun CV yang terlalu panjang dan membuang-buang halaman.

Di zaman digital, CV yang disarankan dan sedang menjadi tren adalah sepanjang hanya 2 halaman saja lho! Nah tantangan besar nih buat kamu, bagaimana menyusun sekian banyak informasi hanya di dua halaman saja? Apakah dengan format infografis? Atau tabel? Nah silahkan kamu beradu kreativitas ya, Pintarian!

Penjelasan Apapun yang Ditulis Harus Valid

Hal yang satu ini sangat krusial. Jangan pernah menulis informasi apapun di dalam CV yang tidak valid atau informasi keliru. Di mana-mana, panduan cara membuat surat lamaran kerja akan menyarankan kamu untuk menulis hanya data valid saja. Jangan sampai data yang kamu tampilkan itu salah atau keliru. Hal itu akan menghancurkan kesan yang kamu tampilkan sebagai pelamar.

Jangan Sampai Ada Elemen yang Kurang

Jika semua sudah dipikirkan dan ditampilkan dengan baik, periksa kembali CV yang kamu susun apakah di dalamnya sudah memuat semua elemen yang diperlukan dalam sebuah CV? Coba periksa kembali apakah ada bagian yang menjelaskan riwayat hidup berupa pendidikan, pengalaman kerja, status pernikahan, agama, dan hal-hal penting lainnya.

Nah Pintarian, jika kamu masih kurang yakin, cobalah mencari referensi cara membuat surat lamaran kerja di internet agar kamu bisa mendapatkan gambaran mana saja CV yang menarik! Lalu kemudian siap-siap deh untuk dipanggil interview kerja!

Berikut ini adalah contoh CV yang up to date yang bisa kamu buat untuk CV kamu sendiri;

Dari contoh CV one page di atas terlihat simple, ringkas namun mencakup semua kebutuhan informasi dalam CV yang di perlukan. Mulai dari Informasi data diri, Nama, Alamat tempat tinggal hingga Alamat surel kamu.

Kamu juga bisa memperlihatkan skill dan pengalaman yang kamu miliki selama bekerja di tempat sebelumnya atau bagi yang masih fresh graduate mencantumkan kemampuan atau organisasi selama kuliah atau jika kamu memiliki keterampilan yang kamu dapatkan di kelas tambahan seperti kursus atau training yang pernah kamu ikuti.

Selain memperlihatkan kemampuan dalam bidang tertentu, kamu juga bisa melampirkan project hasil kerja yang pernah kamu kerjakan. Seperti lampiran portofolio untuk menunjang CV dan surat lamaran kamu. Semoga berhasil!

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.9k Followers
Follow