7 Cara Mudah Agar Tetap Sehat di Hari Raya Idul Fitri

tetap-sehat-di-hari-raya

Nggak kerasa bulan ramadan segera berakhir ya, Pintarian! Di Hari Raya Idul Fitri ini, banyak hal yang harus dibatasi dan dijaga demi kesehatan. Makanan pada hari raya idul fitri memang membuat siapa saja tergiur, tak heran jika setelah hari raya bnyak orang yang mengalami masalah kesehatan, mulai dari kolestrol, darah tinggi, hingga maagh.

Semua itu dikarenakan terlalu banyak mengkonsumsi ketupat beserta lauk-pauknya yang mayoritas mengandung minyak berlebih. Karena makanan saat Hari Raya sangat digemari oleh hampir seluruh masyarakat, tak banyak yang sadar akan akibatnya.

Agar tetap sehat di Hari Raya Idul Fitri nanti, ada beberapa hal yang harus diperhatikan juga lho! Yuk pilah-pilih menu dan perhatikan caranya agar tetap sehat.

Batasi Porsi Makan

Cara pertama agar tetap sehat di Hari Raya Idul Fitri adalah membatasi porsi makan. Hidangan opor ayam, rending daging, dan sayur ketupat memang nggak bisa dihindari. Tapi kalau dimakan dengan porsi berlebih bisa membuat tubuh kamu nggak sehat loh. Cobalah makan dengan porsi sedikit dan tidak kalap mata. 

Khususnya untuk makanan yang mengandung lemak berlebih seperti sayur ketupat dan kawan-kawannya ini. Kenikmatan yang dirasakan pun hanya sementara, so be smart eater ya!

Jangan Lupa Sayur dan Buah

Imbangi makanan berlemak dan bersantan dengan mengonsumsi sayur serta buah. Kedua makanan ini kaya akan serat sehingga dapat mengimbangi kolesterol dalam tubuh, juga dapat melancarkan sistem pencernaan.

Cara seperti ini bisa menanggulangi lemak yang menumpuk setelah mengkonsumsi hidangan Hari Raya. Kamu bisa menuliskan daftar buah dan sayuran apa saja untuk membuat kamu tetap sehat di Hari Raya Idul Fitri.

Kurangi Minuman Manis

Hindari terlalu banyak minum soft drink atau minuman manis. Perbanyak air putih sebagai penetralisir makanan bersantan di dalam tubuh. Paling tidak kamu tidak akan kekurangan cairan yang mengakibatkan pinggang menjadi sakit.

Jangan Kalap Lihat Kue Lebaran

Rata-rata kue-kue dan snack khas Lebaran mengandung gula, lemak, karbohidrat, dan kalori tinggi. Dengan membatasi konsumsi makanan jenis ini, kadar gula darah dapat terkontrol dengan baik.

Meskipun tidak mengkonsumsi banyak ketupat sayur dengan lauk-lauknya tapi kalau kamu banyak mengkonsumsi aneka kue khas lebaran, akan menyebabkan penyakit juga. So, biar tetap sehat di Hari Raya Idul Fitri harus selalu menjaga keseimbangan dalam mengkonsumsi segara jenis makanan ya guys.

Ganti Cara Masak

Daripada menggunakan minyak biasa atau mentega, pilihlah minyak zaitun. Hidangkan juga makanan yang diolah dengan cara direbus, kukus, atau dibakar tanpa minyak. Dan usahakan untuk tidak memanaskan makanan terlalu sering, karena semakin makanan ketupat sayur dan lauk-pauknya selalu di panaskan maka akan semakin berbahaya untuk di komsumsi.

Konsumsi Penawar Lemak

Jus jeruk atau kopi hitam adalah minuman yang dapat menetralisir lemak di dalam tubuh. Kedua minuman tersebut dapat kamu konsumsi setelah kamu menikmati aneka makanan yang kaya lemak.

Jika kamu banyak mengkonsumsi aneka buah jus dan minuman herbal, maka fungsinya akan berubah menjadi penawar dari konsumsi makanan berlemak khas lebaran. Cara seperti ini bisa membuat kamu tetap sehat di Hari Raya Idul Fitri nih.

Terus Aktif Bergerak

Setelah makan, jangan langsung tidur atau bermalas-malasan. Lakukan aktivitas ringan seperti berjalan-jalan kecil, main dengan keponakan, atau bantu merapikan meja makan. Aktivitas ringan seperti ini sangat bermanfaat untuk membakar kalori di dalam tubuh.

Dengan menerapkan ketujuh tips di atas, perayaan Lebaran kamu akan terasa lebih sehat dan jauh dari penyakit-penyakit yang mengincar. Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri!

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.9k Followers
Follow