Bedanya Jurusan Sistem Informasi dan Sistem Komputer

jurusan sistem informasi

Jika kamu berminat untuk mengambil kuliah di program studi yang terkait dengan Teknologi Informasi (IT), pasti tahu tentang jurusan Sistem Informasi dan Sistem Komputer, karena dua jurusan inilah yang sangat erat bidang ilmunya dengan teknologi informasi.

Tapi pernahkah merasa bingung, apa sih yang membedakan antara jurusan Sistem Informasi dengan Sistem Komputer? Berikut beberapa perbedaan yang perlu dicermati sebelum kamu benar-benar memutuskan akan mengambil jurusan kuliah yang mana;

Manajerial Informasi

Meskipun bidang ilmu Teknik Informatika dan Teknik Komputer sudah ada lebih dulu, namun rupanya untuk urusan manajemen belum cukup dilakukan. Di sini, jurusan Sistem Informasi memegang peran sentral. Jurusan ini mulai populer karena dibutuhkan untuk menerapkan dan membangun teknologi informasi yang mirip dengan proses bisnis saat ini.

Implementasi

Berkecimpung dalam bidang ini, nantinya kamu akan belajar bagaimana mengimplementasikan ilmu tentang pengetahuan dasar dalam bidang teknologi informasi, serta memahami perkembangan teknologi di dalam suatu informasi. Kamu juga akan merancang sebuah sistem yang kompleks jika mendalami bidang teknologi informasi. Bisa dengan membuat sebuah program atau merancang rangka sistem tersebut.

Keahlian Khusus

Jurusan Sistem Informasi memberikan modal keahlian untuk merancang dan melakukan suatu percobaan terkait bisnis dan data. Juga menganalisis dan kemudian menafsirkan hasil percobaan tersebut dalam bentuk data yang dapat di ubah sekaligus di mengerti.

Untuk itu, keahlian dasar seperti merancang, merencanakan dan mengembangkan sebuah sistem yang tepat dengan teknologi komunikasi menjadi sangat penting untuk berhasil di bidang ini. Dengan sendirinya, basis data harus bisa diolah dan diterapkan untuk bisnis.

Studi Tentang Jaringan Elektronik

Nah inilah perbedaan sesungguhnya antara jurusan Sistem informasi dengan Sistem Komputer. Bidang studi pada Sistem Komputer lebih banyak berkutat pada jaringan perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) yang bertujuan untuk melakukan tugas tertentu. Sedangkan untuk jurusan sistem komputer akan lebih dominan pada bidang teknikal, yang meliputi integrasi teknik elektro dan ilmu komputer.

Sebagai ilmu yang sudah lebih dulu populer, Sistem Komputer telah banyak menghasilkan lulusan dan profesional di bidangnya. Pada jurusan sistem komputer sendiri lebih mengembangkan sistem perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan jaringan komputer (network)

Di bidang Ilmu Komputer, kita diwajibkan memiliki kemampuan untuk menggunakan sebuah logika matematika tertentu untuk membuat rekayasa jaringan demi kelancaran sistem komputerisasi yang baik.

Peluang Kerja

Perbedaan mendasar juga terlihat dari peluang kerja. Mereka yang lulus dari jurusan Sistem komputer biasanya memiliki peluang di bidang Administrasi Komputer, Programmer, IT Support, Operator komputer, serta Sistem Digital.

Sementara itu, dari jurusan Sistem Informasi memiliki peluang kerja sebagai Application Developer, Computer Engineering, Data Analyst, Admin Database, UI/UX Developer, dan Software Engineer.

Nah, Pintarian, apakah kamu sudah menentukan pilihan mau kuliah di jurusan Sistem Informasi atau Sistem Komputer?

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.