Ini Dia Bedanya Content Writer dan Copywriter

pekerjaan-content-writer

Kalau kamu bekerja atau mencari pekerjaan di perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan barang ataupun jasa di era modern saat ini, kamu pasti pernah dengar atau membaca tentang jabatan pekerjaan copywriter dan pekerjaan content writer bukan? 

Di perusahaan startup, posisi ini hampir pasti selalu ada. Tapi sebetulnya, apa sih yang dikerjakan oleh mereka dan apa beda spesifiknya antara pekerjaan copywriter dan pekerjaan content writer?

Beberapa sumber menyebutkan bahwa pekerjaan copywriter sering dikerjakan secara freelance. Di beberapa tempat, pekerjaan content writer pun juga dikerjakan oleh para freelancer. Copywriting umumnya merupakan pekerjaan menulis konten yang mengajak untuk membeli isi tulisan kita. Biasanya untuk konten berisikan promosi jualan atau yang lainnya.  

Baca juga:
Berniat Menjadi Freelance? Ini Dia Pekerjaan yang Cocok
Plus Minus Kerja Freelance

Sementara itu, Content writing merupakan pekerjaan di mana seseorang menulis konten artikel di blog, website, atau pun situs company profile. Tulisan yang mereka dibuat (sering disebut dengan “artikel”) tersebut harus informatif sehingga pembaca tertarik untuk membacanya.

Target Kerja

Sebagai seorang content writer, target kerjanya adalah kepuasan para pembaca yang mendapatkan informasi dari artikel yang ditulisnya. Sementara itu, pekerjaan copywriter mempunyai target mengajak pembaca untuk membeli barang atau jasa yang dipasarkan. Oleh karena itulah biasanya copywriter sangat dibutuhkan untuk berjualan yang sifatnya hard-selling.

Meski begitu, artikel yang disiapkan oleh seorang content writer tidak jarang diselipkan juga sebuah call to action. Hal ini disebabkan oleh keperluan advertensi dan pertimbangan pendanaan yang semakin strategis. Oleh karena itu juga sebagai penulis, banyak dari penulis yang mempunyai dua keahlian sekaligus. 

Kampanye Pemasaran SEO

Pekerjaan content writer hampir selalu terkait dengan kampanye pemasaran SEO. Untuk itu, penulisan teks harus sangat terfokus dan mencakup sekumpulan kata kunci (keyword) atau frasa yang telah diteliti oleh seorang ahli SEO (SEO Specialist).

Penulisan konten yang baik dan berkualitas tinggi akan memastikan kata kunci ini muncul dalam kepadatan yang tepat. Selebihnya, tentu saja sesuai kaidah penulisan bahasa yang baik seperti ada muatan 5W + 1H, SPOK, dan lain-lain.

Baca juga:
Mau Jadi SEO Specialist? Ini Skill yang Harus Dimiliki

Materi Promosi Iklan

Pekerjaan copywriter seringkali menurut pada pola dan proses penulisan materi promosi iklan. Mereka juga bertanggung jawab atas teks pada brosur, billboard, situs web, email, iklan, katalog, dan masih banyak lagi. Teks ini dikenal sebagai ‘copy’. 

Satu persamaan dari pekerjaan copywriter dan content writer adalah meski terlihat mudah, tapi untuk menghasilkan penulisan yang bagus diperlukan konsentrasi, berpikir kritis, kemampuan analisa, dan tentu saja kreativitas dalam penulisan. 

Mereka juga harus benar-benar memahami produk barang atau jasa yang dipasarkan oleh perusahaan tempat mereka kerja karena diperlukan kedekatan dan perhatian pada target pembaca.

Nah, singkatnya, pekerjaan Copywriter adalah sebuah action building dan pekerjaan content writer adalah trust building.

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.9k Followers
Follow