Apa Itu Data Science? Yuk Kenali Lebih Dalam

data science

Sudah pernah tahukah kamu tentang ilmu data science? Data science merupakan ilmu yang menerapkan tentang perkembangan terbaru tentang meningkatnya penggunaan teknologi saat ini secara signifikan. Data science sendiri juga bisa diartikan sebagai ilmu data yang khusus mempelajari data dari sebuah system tertentu. Khususnya untuk data kuantitatif yang terstruktur atau pun yang tidak terstruktur.

Untuk dapat menganalisis sebuah data dengan baik dan secara benar, dapat melalui analisa sinyal, model probabilitas, program komputer dan hal yang berkaitan dengan ilmu Sains lainnya, diperlukan adanya tenaga ahli yang kompeten dalam bidang tersebut.

Kalau kamu tertarik untuk mengambil jurusan ini saat perkuliahan dan memilih berkarir sebagai data scientist, kamu perlu mengetahui dasar-dasar tentang ilmu data science. Juga memiliki kemampuan menganalisis dengan menggunakan konsep ilmu matematika dan statistik, keahlian pemrograman untuk mengolah data hingga memahami betul subjek yang spesifik pada bidang yang di tekuni.

Nah, jenis pekerjaan data science ini terbilang masih baru dan jarang dikenal oleh masyarakat luas karena sejauh ini belum ada ilmu khusus yang tersedia bagi orang yang mendalaminya melalui pendidikan formal. Bahkan di beberapa Universitas ternama pun belum memiliki jurusan khusus yang bisa mencetak sosok hebat pengolah data.

Sayangnya, pemahaman umum mengenai profesi ini juga masih kurang. Menurut seorang ahli Data Scientist, Arfika Nurhudatiana, Ph.D. ada tiga jenis profesi di bidang data science, yaitu Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer. Ketiga profesi ini memiliki ruang dan tanggung jawab yang berbeda-beda.

Data Analyst

Seorang data analyst tidak dituntut untuk bisa mengerti bahasa pemrograman, meski begitu tetap harus bisa memahami tentang pemrograman untuk bisa menganalisa data. Kemampuan lainnya yang juga harus dimiliki data analyst yaitu mengerti bahasa pemrograman MySQL, Python dan perangkat lunak dalam pengolahan data seperti Hadoop.

Berbeda dengan data scientist data analyst akan lebih dominan pada penerjemahan data berdasarkan business intelligence. Data analyst akan lebih dalam menggali informasi mengenai perkembangan bisnis dari sebuah perusahaan.

Data Scientist

Seorang data scientist adalah orang yang mengolah data mentah menjadi data yang sanggup memberikan masukan penting dalam kelancaran kinerja sebuah perusahaan. Untuk itu, seorang data scientists menggunakan ilmu statistik, komputerisasi, dan pendekatan analitis untuk mengatasi permasalahan bisnis.

Data scientist juga biasa dikenal sebagai salah satu profesi yang bergelut di bidang pengolahan data pada teknologi informasi. Seorang data scientist memiliki tanggung jawab mengolah dan menganalisa data untuk menghasilkan informasi yang tepat guna dalam pengambilan keputusan di sebuah organisasi maupun badan usaha.

Oleh karena itu, bisa dibilang, ilmu Data Science sebenarnya bukan sama sekali ilmu baru. Ilmu ini merupakan pengembangan dari analisis data yang didukung penuh oleh teknologi terkini di abad ke-21. Sedikit tambahan adalah untuk urusan interpretasi data, ketajaman analisa, dan kecermatan dalam mengurai permasalahan bisnis menjadi kunci keberhasilan kerja seorang data scientist.

Data Engineer

Bagian dari ilmu data science lainya adalah data engineer. Data engineer sendiri lebih berfokus pada technical, bisa dibilang seorang programmer atau seseorang yang ahli dalam software (perangkat lunak).

Tugas seorang data engineer ini membangun sebuah sistem yang terkait baik itu terstruktur atau pun tidak terstruktur, untuk menyimpan dan mengambil data yang diperlukan oleh data scientist.

Tiga profesi dalam bidang data science ini memiliki keterkaitan yang cukup kuat, untuk itu pekerjaan jenis ini memiliki tingkat akurat yang tinggi, konsentrasi yang penuh dan analisa yang tepat. Jika kamu berminat menggeluti bidang ini, kamu bisa mengambil perkuliahan S1 Data Science di perguruan tinggi ternama, seperti ITHB.

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.