Apa Itu Big Data? Ini Dia Penjelasannya

Apa itu big data?

Meski terhitung sangat baru, istilah “Big Data” telah menarik perhatian publik dengan sangat masif. Konsep ini semakin populer di kalangan industri dan bisnis seiring dengan berkembang pesatnya teknologi digital dan internet.

“Big Data” adalah terminologi yang digunakan dalam menjelaskan volume data yang begitu besar baik yang terstruktur maupun yang tidak beraturan. Big data ini akan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mengarahkan berbagai bisnis modern ke arah yang diinginkan. Kini semakin banyak orang mau belajar Big Data karena manfaatnya yang besar.

Belajar Big data akan sangat berguna dalam usaha menganalisa strategi yang bisa memperbaiki kinerja bisnis secara keseluruhan. Masalahnya, tidak banyak yang paham bahwa aset utamanya bukanlah terletak pada besaran data yang berhasil dikumpulkan, namun bagaimana mengorganisasikan data dan kualitas pengolahannya.

Mengapa belajar Big Data itu penting? Berbagai sumber telah menemukan bahwa pentingnya data bukan terletak pada besaran jumlah data yang terkumpul tetapi bagaimana menyikapi data yang telah terkumpul itu.

Dalam bisnis, cara pengolahan yang tepat akan memudahkan untuk meminimalisir ongkos produksi, menghemat waktu, pengembangan produk, dan membantu mengambil keputusan yang tepat untuk bisnis.

Untuk bisa menyikapi data dengan tepat guna, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemanfaatan Big Data untuk bisnis.

Soal Volume Data

perusahaan atau organisasi biasanya mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk transaksi bisnis, media sosial, dan informasi antar mesin di masa lalu. Kesulitan dalam penyimpanan data bisa jadi masalah, akan tetapi dengan bantuan teknologi seperti Hadoop, semua jadi memungkinkan. Selain itu belajar Big Data sekarang sudah semakin mudah.

Variabilitas

Ini menjadi aspek berikutnya yang sangat penting. Mengumpulkan data yang jumlahnya sangat besar memerlukan pengelompokkan khusus karena ada begitu banyak variabel yang harus dimuat dalam satu wadah. Selain kemampuan untuk memuat data, flow dan konsistensi dalam mengelompokkan data juga merupakan tantangan tersendiri.

Kompleksitas

Kerumitan dalam hal pengumpulan data ini merupakan modal sekaligus kesulitan yang dihadapi dalam kerja-kerja terkait Big Data. Menimbang begitu banyaknya sumber pengumpulan data, tentu saja berbagai jenis yang terkumpul itu harus disikapi dengan cara yang berbeda-beda.

Tiga aspek ini merupakan aspek utama dan tidak menutup kemungkinan besar adanya aspek lain yang perlu diperhatikan jika kamu memutuskan untuk belajar Big Data.

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.